RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Maluku Tenggara
Mata Pelajaran : PAK dan BUDI
PEKERTI
Kelas/Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa
Alokasi
Waktu : 60
menit( 1 x Pertemuan)
|
Pertemuan 2 ( 1 x 60 Menit ) |
|
|
Langkah-Langkah Pembelajaran |
Model Pembelajaran discovery
learning |
|
Pendahuluan ( 5 menit ) § Persiapan § Appersepsi § Motivasi |
§ Melakukan pembukaan dengan salam dan doa
(Budaya Sekolah Religius) § Mengecek kehadiran peserta didik § Literasi § Apersepsi : Bagaimana cara berpikir anda ketika masih di SMP dengan yang sekarang?? § Motivasi : Tuhan menjadikan kita sungguh unik dan luar biasa
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan
materi yang akan di ajarkan |
|
Kegiatan Inti (30 Menit) Sintak Sintak Pembelajaran |
Stimulasi · Guru
menayangkan sepenggal cerita ttg
pertumbuhan intelektual dan Peserta didik membaca
dan mengamati cerita tersebut Problem
Statement § Guru membimbing peserta
didik untuk memberikan pertanyaan terkait aspek pertumbuhan intelektual yang diamati § Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok-kelompok yang beranggotakan
4 – 6 orang secara heterogen. § Guru memberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) kepada setiap kelompok
terkait materi aspek pertumbuhan intelektual § Guru menginstruksikan
peserta didik untuk mengerjakan LKPD terkait materi aspek
pertumbuhan intelektual sesuai petunjuk dalam
kelompok. § Mengumpulkan informasi : § Peserta didik mencari dari
berbagai sumber informasi dan membahas pertanyaan dalam diskusi kelompok § Pengolahan Data Peserta didik mencocokan data yang ditemukan dari berbagai sumber dan
mengembangkan hasil temuannya. Komunikasi
: Peserta
didik mengkomunikasikan hasil
diskusi terkait aspek-aspek pertumbuhan. Peserta didik mempresentasikan hasilnya secara
kelompok Guru mengarahkan proses
verifikasi sehingga berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran (disesuaikan
dengan materi ajar) § Generalisasi Peserta didik menyimpulkan mengenai aspek pertumbuhan intelektual |
|
Penutup (10 menit ) |
• Guru memberikan penguatan terhadap hasil
diskusi § Guru memberikan evaluasi terkait materi pembelajaran
untuk mengetahui ketercapaian indikator § Guru memberikan tugas kepada
peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya. § Berdoa dan memberi salam |
Penilaian :
a.
Sikap : Jurnal pengamatan
sikap dan penilaian diri
b.
Pengetahuan : tes
tertulis dan penugasan
c.
Ketrampilan : penilaian unjuk kerja dan presentasi
Elat, 13
Juli 2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
Mateus Kaanubun, S. Pd Amarenci
Ngutra, S. Th
NIP. 198004012006041013 NIP.
197712022006042006
0 komentar:
Posting Komentar