Rabu, 04 November 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS X

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                       : SMA Negeri 1 Maluku Tenggara

Mata Pelajaran                      : PAK dan BUDI PEKERTI                     

Kelas/Semester                      : X / Ganjil

Materi Pokok                         : ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa

Alokasi Waktu                       : 60 menit( 1 x Pertemuan)

 

 

Pertemuan 2  ( 1 x 60 Menit )

Langkah-Langkah Pembelajaran

Model Pembelajaran discovery learning

Pendahuluan

( 5 menit )

§ Persiapan

§ Appersepsi

§ Motivasi

 

§ Melakukan pembukaan dengan salam dan doa (Budaya Sekolah Religius)

§ Mengecek kehadiran peserta didik

§ Literasi

§ Apersepsi : Bagaimana cara berpikir  anda ketika masih di SMP  dengan yang sekarang??

§ Motivasi : Tuhan menjadikan kita sungguh unik dan luar biasa

§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan di ajarkan

Kegiatan Inti (30 Menit)

Sintak Sintak Pembelajaran

Stimulasi

·  Guru menayangkan sepenggal cerita  ttg pertumbuhan  intelektual dan  Peserta didik membaca dan mengamati cerita  tersebut

      Problem Statement

§ Guru membimbing peserta didik  untuk memberikan  pertanyaan  terkait aspek pertumbuhan intelektual  yang diamati

§ Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok-kelompok yang beranggotakan 4 – 6 orang secara heterogen.

§ Guru memberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) kepada setiap kelompok terkait materi aspek pertumbuhan intelektual

§ Guru menginstruksikan peserta didik untuk mengerjakan LKPD terkait materi aspek pertumbuhan intelektual sesuai petunjuk dalam kelompok.

§   Mengumpulkan informasi :

§ Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi dan membahas pertanyaan dalam diskusi kelompok

§ Pengolahan Data

Peserta didik  mencocokan data yang   ditemukan dari berbagai sumber dan mengembangkan hasil temuannya.

Komunikasi :

Peserta  didik  mengkomunikasikan  hasil  diskusi  terkait  aspek-aspek pertumbuhan.

Peserta didik mempresentasikan hasilnya secara kelompok

Guru mengarahkan proses verifikasi sehingga berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran (disesuaikan dengan materi ajar)

§ Generalisasi

Peserta didik menyimpulkan mengenai aspek pertumbuhan intelektual

Penutup

(10 menit )

  Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi

§ Guru memberikan evaluasi terkait materi pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian indikator

§ Guru memberikan tugas kepada peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

§ Berdoa dan memberi salam

 

Penilaian :

a.          Sikap : Jurnal pengamatan sikap dan penilaian diri

b.         Pengetahuan : tes tertulis dan penugasan

c.          Ketrampilan  : penilaian unjuk kerja dan presentasi   

 

 

 

Elat, 13 Juli 2020

Mengetahui,

Kepala Sekolah,                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Mateus Kaanubun, S. Pd                                                   Amarenci Ngutra, S. Th

NIP. 198004012006041013                                                 NIP. 197712022006042006

 

 

Amarenci Ngutra

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar